Wednesday, September 26, 2007

Membuat Keputusan dan Menentukan Pilihan..

Ada kalanya dalam hidup kita harus membuat keputusan setelah tercipta situasi kondisi yang memaksan kita untuk mengambil keputusan itu. Karena dalam hubungannya dengan pilihan pengambilan keputusan adalah hal yang sangat diperlukan cepat dan tepat dalam sebuah situasi yang darurat. Tidak banyak orang mempunyai pilihan dalam hidup. Gue termasuk orang yang percaya sesulit apapun keadaan. Gue masih punya banyak pilihan. Karena gue yakin bahwa hidup adalah pilihan.

Membuat keputusan bagi gue bukan sekedar terhindar dari satu kesulitan. Mungkin ada benarnya bahwa tingkat pengambilan keputusan dalam kerangka keputusan untuk bergerak lebih maju biasanya diambil orang ketika orang itu berada dalam keadaan terjepit. Keadaan yang mengharuskan dia berpikir lebih keras, bertindak lebih berhati-hati dan berstrategi lebih efektif. Dengan adanya keadaan yang membuat dia terjepit, maka timbullah ide-ide kreatifnya, muncullah pengembangan kepribadiannya menjadi lebih dari biasanya.

Setiap kali membuat keputusan gue selalu berpijak pada realitas. Tidak ada satupun kesuksesan tanpa memperhatikan realitas. Kita tidak bisa terus menerus hidup dalam mimpi, idealisme, keinginan, cita-cita dan keadaan ideal lainnya. Yang kita hadapi adalah dunia yang penuh dengan segala tantangan, hambatan, gangguan dan orang-orang yang senantiasa menjadi aktor dan aktris pembantu dalam drama kehidupan kita sebagai pemeran utamanya.

Ya Alloh mudah2an apapun keputusan yang aku ambil bisa aku pertanggung-jawabkan nanti di akhirat nanti. Dan apapun langkah dalam hidup aku aku berharap kamu meridhoinya. Aku hanya manusia biasa yang senantiasa salah dan lupa, mudah2an keberhasilan yang hakiki aku dapatkan di hadapan-Mu. Dan jadikanlah dunia ini sebagai jalan buat aku untuk mendapatkan kebahagiaan yang hakiki di akhirat nanti. Amin.

No comments: