Wednesday, September 26, 2007

Memulai Sesuatu Untuk Satu Tujuan

Semua keberhasilan bergantung kepada kualitas dari proses untuk mencapainya. Dan semua proses untuk mencapai keberhasilan, sangat bergantung kepada mulai-nya, kepada awalan-nya. Tidak akan ada sebuah perjalanan yang bisa kita alami dan kita ceritakan keindahan dan tantangan-tantangannya, bila kita tidak memulainya. Tidak ada sebuah proses yang memungkinkan pencapaian keberhasilan bagi kita, bila kita tidak mengawalinya.


Maka, memulai sesuatu, memulai apa pun bisa jadi lebih penting daripada keseluruhan prosesnya. Bila saja kita dulu memulai, maka mungkin saat ini kita telah terlibat dalam sesuatu yang penting dan besar. Mungkin dalam berbagai hal gue selalu berprinsip bahwa mencoba untuk sesuatu yang penting dan berguna tidak ada salahnya buat gue. Maka di dalam perjalanan hidup gue selalu banyak kisah yang berguna bagi gue di kemudian hari karena gue pernah mencoba.


Dulu gue pernah mencoba menjadi seorang sales, meski kemudian ada kesempatan yang lebih besar lagi untuk gue coba yaitu menjadi seorang editor majalah. Kemudian kesempatan-kesempatan yang lain datang dan akhirnya sekarang gue menjadi tau banyak manfaat dari apa yang telah gue kerjakan sebelumnya. Mungkin kalau dulu gue gak pernah jadi sales mungkin saat ini gue masih canggung untuk berinteraksi dengan sekelompok orang. Dan mungkin kalau gue belum pernah menjadi editor maka gue gak akan terbiasa untuk menulis blog seperti ini. Hehehehe..

Kita semua mampu untuk melakukan atau mendapatkan bantuan untuk melakukan sesuatu yang besar dan penting, tetapi tidak akan ada keterlibatan yang indah itu bila kita tidak memulai. Pengertian dan penjelasan itu mudah kita terima, tetapi mengapa kita selalu menunda pelaksanaan dari rencana-rencana kita, karena kita merasa belum siap? Kata siap ternyata nyambung dengan pembahasan gue di postingan sebelumnya. Bahwa sampai kapanpun kita harus membuat pilihan. Bahkan kita bisa membuat pilihan atau keputusan sebelum terjadi hal yang membuat kita harus memilih.

Bila kita harus menunggu kesiapan dari semua hal yang mendukung pelaksanaan dan yang menjamin keberhasilan dari rencana-rencana kita, maka tidak akan ada apa pun di dunia ini yang akan dimulai. Maka menurut gue kita harus memulai sebelum kita siap. Dalam perjalanan nanti kita membangun kesiapan yang lebih baik, karena bisa saja kita kemudian menemukan bahwa yang selama ini kita siapkan adalah persiapan yang salah, yang tidak berguna bagi yang sedang kita kerjakan.


Dulu gue sempat berpikir bahwa untuk menjadi seorang pekerja yang baik gue masih belum siap. Tapi dalam kenyataannya setelah gue menceburkan diri ke dalam areal profesional semua hal dari awal sampai sekarang lebih memacu diri gue supaya lebih maju dan berkembang. Karena pada kenyataannya kita tidak akan pernah lepas dari kesalahan. Dan mungkin masalah dari yang kecil sampai besar selalu mendampingi langkah-langkah kita. Tinggal bagaimana caranya kita belajar dari kesalahan itu dan mengatasi satu persatu masalah itu supaya kita makin dekat dengan tujuan kita.

Keberhasilan dalam hidup terdiri dari banyak hal, bisa saja bagi seseorang yang sedang mencari jati diri keberhasilan adalah bagaimana dia menemukan dirinya menjadi seseorang yang dewasa dan berhasil. Kemudian bagi seseorang yang berusaha menemukan pasangan hidup keberhasilan bagi dia adalah ketika menjalani hubungan dengan seseorang yang nyaman, damai dan penuh nilai-nilai luhur yang mempengaruhi aspek-aspek positif dalam hidupnya. Kita tentu tidak akan pernah tau bahwa seseorang itu bisa membahagiakan kita atau tidak tanpa kita bersamanya bukan?? Makanya dalam islam dianjurkan untuk segera menikah. Karena hanya dengan menikah, kita bisa memulai untuk mencintai dan dicintai secara syah dan benar.

Bagi gue keberhasilan adalah saat gue bisa mengaktualisasikan diri di jalan yang benar dan bisa membuat gue bahagia baik dari segi materi, kekuasaan, maupun ketenangan jiwa. Dan untuk mencapai itu gue mulai sekarang akan mencoba untuk lebih berani memulai dan memulai. Karena tidak ada satu keberhasilan pun yang dicapai tanpa kita memulainya dengan yakin dan benar. Tinggal kita menfokuskan tujuan, merapatkan barisan, dan meneguhkan keyakinan dan mempererat hubungan dengan pihak lain, maka insya alloh tujuan hidup kita bisa berhasil. Tentu saja keberhasilan kita tidak terlepas dari dukungan, bantuan dan dorongan motivasi dari pihak lain. Dan yang terutama dari ridho Alloh SWT.

No comments: