Thursday, September 13, 2007

Membuat Seseorang Berubah (2 - Habis)

Selain bagaimana cara kita menyesuaikan diri dengan sifat dan kebiasaan orang lain yang berinteraksi dengan kita, jalan lain supaya kita bisa ngerasa enjoy dalam pergaulan adalah dengan cara membuat seseorang itu berubah. Maksud dari membuat seseorang berubah di sini adalah kita bisa membuat seseorang berubah menjadi mengerti akan kebaikan dan nilai-nilai positif yang kita berikan kepada dia. Membuat seseorang mengerti bahwa kita adalah orang baik dan mempunyai niat yang baik di dalam pergaulan. Bisa mempengaruhi orang untuk menerima kebaikan-kebaikan kita adalah nilai dari sebuah diplomasi yang brilian dalam dunia politik, dan nilai yang luhur dalam pergaulan.

Kadang orang membenci kita karena kita tidak bisa menyampaikan sisi positif dari diri kita kepada orang tersebut. Dan yang gue anjurkan dalam hal ini adalah kebaikan yang kita tanamkan terhadap orang lain di dalam konteks yang tulus dan sepenuh hati. Dalam contoh kasus yang sempit ambil lah contoh kasus dalam hubungan asmara. Tentu kalau kita ingin mempunyai hubungan yang positif dengan orang yang kita suka, kita terlebih dahulu membuat kebaikan-kebaikan kepada orang yang kita sukai itu dan berusaha agar si dia juga membalas kebaikan dan cinta yang kita berikan tersebut.

Mungkin contoh di atas adalah hal yang sederhana yang kita tidak pernah pikirkan selama ini untuk diterapkan di dunia yang lebih luas. Tapi menurut gue itu adalah salah satu kunci bagi kita untuk lebih memperbaiki kualitas pergaulan kita di masyarakat. Jika kita sudah menanamkan kebaikan di dalam dunia ini maka kita tinggal tunggu waktu saja kebaikan tersebut menjadi ladang kebahagiaan yang akan kita tanam di kemudian hari. - tamat -

No comments: